"Maka katakanlah (kepada mereka):
“Marilah kita memanggil anak-anak kami dan anak-anak kamu, wanita kami
dan wanita kamu, diri kami dan diri kamu, kemudian marilah kita bermubahalah
lalu kita minta supaya laknat Allah ditimpakan kepada orang-orang yang dusta”.
Umat Islam sepakat
bahwa ayat ini turun berkenaan dengan Nabi SAW, Ali, Fathimah, Hasan dan Husein
as.
Silahkan rujuk:
1. Shahih
Muslim, kitab Al-Fadha`il, bab Fadha`il Ali bin Abi Thalib, juz 2, hal.
360, cet. Isa Al-Halabi; Syarah An-Nawawi, juz 15, hal. 176, cet. Mesir.
2. Sunan At-Tirmidzi, juz 4, hal. 293, hadis ke
3085; juz 5, hal. 301, hadis ke 3808.
3. Syawahidut Tanzil, karya Al-Hakim Al-Haskani
Al-Hanafi, juz 1, hal. 120-129, hadis ke 168, 170,171, 172, 173, dan 175.
4. Mustadrak Al-Hakim, juz 3, hal. 150. la
menganggap riwayat ini sahih. Dalam Ma'rifah
'Ulumil Hadi-ts, karya Al-Hakim disebutkan bahwa dalam kitab-kitab
tafsir termaktub riwayat-riwayat yang mutawatir
dari Abdullah bin Abbas dan lainnya bahwa Rasulullah SAW pergi ke tempat
mubahalah sambil menuntun tangan Ali, Hasan dan Husein as, sedangkan Fathirnah
as. berada di belakang mereka. Beliau bersabda: “Mereka ini adalah anak-anak
karni, diri kami, dan wanita karni, maka panggillah anak-anakmu, dirimu, dan wanitamu. Kemudian, mari kita
bermubahalah kepada Allah dan memohon supaya kutukan-Nya ditimpakan
kepada orang-orang yang dusta”.
5. Manaqib Ali bin Abi Thalib, karya Ibnu
Al-Maghazili Asy-Syafi'i, hal. 263, hadis ke 310.
6. Musnad Ahrnad bin Hanbal, juz 1, hal. 185,
cet. Al-Maimaniyah; juz 3, hal. 97, hadis ke 1608, cet. Darul Ma'arif.
7. Kifayatut Thalib, karya Al-Kanji Asy-Syafi'i,
hal. 54, 85, 142, cet. Al-Haidariyah; hal. 13,28,29,55,56, cet. Al-Ghira.
8. Tarjamah
AI-Imam Ali bin Abi Thalibdalam Tarikh Dimasyq, karya Ibnu Asakir
Asy-Syafi'i, juz 1, hal. 21, hadis ke 30 dan ke 271.
9. Tafsir Ath-Thabari, juz 3, hal. 299, 330,
301; juz 3, hal. 192, cet. Al-Maimaniyah, Mesir.
10. Al-Kasysyaf, karya Zamakhsyari, juz 1, hal.
367-370, cet. Beirut; juz 1, hal. 193, cet. Mushthafa Muhammad, Mesir.
11. Tafsir Ibnu Katsir, juz 1, hal. 370-371.
12. Tafsir Al-Qurthubi, juz 4, hal. 104.
13. Ahkamul Qur’an, karya Al-Jashshash, juz 2, hal.
295-296. la berkata: “Para ulama tidak
berbeda pendapat bahwa Nabi SAW menuntun tangan Hasan, Husein, Ali dan
Fathimah as..., cet. Abdurrahman, Mesir.
14. Asbabun Nuzul, karya Al-Wahidi, hal. 59.
15. Ahkamul Qur’an, karya Ibnu Al-'Arabi, juz 1,
hal. 275, cet. kedua Al-Halabi; juz 1, hal. 115, cet. As-Sa'adah, Mesir.
16. At-Tashil li 'Ulumit Tanzil, karya Al-Kalbi,
juz 1, hal. 109.
17. Fathul Bayan fi Maqashidil Qur’an, juz 2, hal.
72.
18. Zadul Mashir, karya Ibn Al-Jauzi, juz 1, hal.
347, cet. kedua Mushthafa Al-Halabi, Mesir;
juz 1, hal. 316, cet. pertama, Mesir.
19. Tafsir Fakhrur Razi, juz 2, hal. 699, cet. Dar
Thama'ah Al-' Amirah, Mesir; juz 8, hal. 85, cet. Al-Bahiyah, Mesir.
20. Jami'ul Ushul, karya Ibnu Atsir, juz 9, hal.
470.
21. Mathalibus Sa`ul, karya Ibnu Thalhah
Asy-Syafi'i, juz 1, hal. 18, cet. Najaf; hal. 8, cet. Tehran.
22. Dzakha`irul ‘Uqba, hal. 25.
23. Tadzkiratul Khawwash, karya As-Sibth Al-Jauzi
Al-Hanafi, hal. 17, cet. Najaf; hal. 14, cet. Al-Haidariyah.
24. Ad-Durrul Mantsur, karya As-Suyuthi, juz 2,
hal. 38-39.
25. Tafsir Al-Baidhawi, juz 2, hal. 22.
26. Tarikhul Khulafa`, karya As-Suyuthi, hal. 169.
27. Ash-Shawa'iqul Muhriqah, karya Ibnu Hajar
Asy-syafi'i, hal. 72, cet. Al-Maimaniyah; hal. 119 cet. Al-Muhammadiyah, Mesir.
Dalam cetakan ini nama Imam Hasan dihilangkan, sementara di cetakan pertama
nama itu masih ada; Hal. 72, menyebutkan bahwa ayat ini turun untuk mereka;
hal. 87 dan 93, cet. Al-Maimaniyah; hal. 143 dan 153, cet. Al-Muhammadiyah.
28. Tafsir Al-Khazin, juz 1, hal. 302.
29. Al-Ittihaf
bi hubbil Asyraf, karya Asy-Syabrawi Asy-Syafi'i, hal. 5.
30. Ma'alimut Tanzil, karya Al-Baghawi (catatan
pinggir) Tafsir Al-Khazin, jilid 1, hal. 302.
31. As-Sirah Al-Halabiyah, karya Al-Halabi
Asy-Syafi'i, juz 3, hal. 212, cet. Al-Mathba'ah Al-Bahiyah, Mesir; juz 3, hal.
240, cet. Muhammad Ali Shabih.
32. As-Sirah An-Nabawiyah, karya Zaini Dahlan
(catatan pinggir) As-Sirah Al-Halabiyah, juz 3, hal. 5.
33. Al-Manaqib, karya Al-Khawarizmi Al-Hanafi, hal.
60 dan 97.
34. Al-Fushulul
Muhimmah, karya Ibnu Shabbagh Al-Maliki, hal. 110.
35. Syarah Nahjul Balaghah, karya Ibnu Abil Hadid,
juz 16, hal. 291, cet. Mesir, dengan Tahqiq Muhammad Abul Fadhl; juz 4, hal.
108, cet. pertama, Mesir.
36. Ihqaqul Haqq, karya At-Tustari, juz 3, hal.
46-62; juz 9, hal. 70-91, cet. pertama, Tehran.
37. Fadha`ilul Khamsah, juz 1, hal. 244.
38. Usdul Ghabah, karya Ibnu Atsir Asy-Syafi'i, juz
4, hal. 26.
39. Al-Ishabah, karya Ibnu Hajar Al-‘Asqalani
Asy-Syafi'i, juz 4, hal. 509, cet. As-Sa'adah Mesir; juz 2, hal. 503, cet.
Mushthafa Muhammad, Mesir.
40. Mir`atul Jinan, karya Al-Yafi'i, juz 1, hal.
109.
41. Misykatul Mashabih, karya Umari, juz 3, hal.
254.
42. Al-Bidayah wan Niha-yah, karya Ibnu Katsir, juz
5, hal. 54, cet. As-Sa'adah, Mesir. Amirul Mukminin tidak disebutkan.
43. Tafsir Abu As-Sa'ud (catatan pinggir) Tafsir
Ar-Razi, juz 2, hal. 143, cet. Ad-Dar Al-'Amirah, Mesir.
44. Tafsir Al-Jalalain, karya As-Suyuthi, juz 1,
hal. 33, cet. Mesir; hal. 77, cet. Darul Kitab Al-'Arabi, Mesir.
45. Yanabi'ul Mawaddah, Al-Qundusi Al-Hanafi, hal.
9, 44,51 52,232, 281, dan 295, cet. Istambul; hal. 9, 49, 57, 59, 275, 291,
353, cet. Al-Haidariyah.
46. Ar-Riyadhun Nadhirah, karya Ath-Thabari
Asy-Syafi'i, juz 2, hal. 248, cet. kedua.
47. Fara`idus Simthain, juz 1, hal. 387, hadis ke
307; juz 2, hal. 23, hadis ke 365; hal. 205, hadis ke 484, 485, dan 486.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar